Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan mengenai hormon pada tumbuhan.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, kita harus mengetahui dahulu apa pengertian dari hormon itu sendiri. Hormon adalah senyawa kimia yang disekresikan tanpa melalui saluran pengeluaran, yang berguna untuk mengatur pertumbuhan dan perkembangan baik pada hewan maupun pada tumbuhan. Oleh karena itu, hormon termasuk ke dalam sistem endokrin.

Pada tumbuhan, terdapat beberapa hormon yang sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan itu sendiri, yaitu :

1. Hormon Auksin (IAA)

Auksin adalah salah satu jenis hormon yang sifatnya terurai jika kena cahaya. Auksin berperan untuk pertumbuhan tumbuhan. Semakin banyak konsentrasi auksin pada tubuh tumbuhan, semakin cepat pula pertumbuhannya. Namun, auksin memiliki karakter tersendiri, yaitu mudah terurai cahaya. Ini mengapa arah tumbuhan selalu mendekati arah datangnya cahaya. Prosesnya adalah sebagai berikut :

Pada bagian tubuh tumbuhan, terdapat bagian yang terkena cahaya dan yang tidak terkena cahaya. Bagian yang terkena cahaya akan lebih lambat tumbuhnya dibandingkan dengan yang tidak terkena cahaya, hal ini dikarenakan auksin terurai oleh cahaya. Akibatnya bagian yang tidak terkena cahaya lebih cepat tumbuh sehingga tubuh tumbuhan menjadi membengkok ke arah datangnya cahaya.

Itulah kegunaan dan cara kerja hormon auksin pada tumbuhan.

2. Hormon Giberelin

Hormon ini diperoleh dari jamur Giberella fujikuroi .Hormon ini berfungsi untuk perkembangan bunga dan buah pada tumbuhan. Tumbuhan yang kerdil dapat tumbuh menjadi normal bila diberi hormon ini.

3. Hormon Sitokinin

Hormon ini berfungsi untuk pembelahan sel pada tumbuhan.

4. Gas etilen

Hormon ini berfungsi dalam proses pematangan buah. Buah yang belum masak dapat menjadi masak karena hormon ini. Kita juga dapat membuat masak buah itu sendiri dengan menambahkan hormon ini. Dalam kehidupan sehari-hari, hormon ini dijual dalam bentuk karbit.

5. Asam Absisat (ABA)

Hormon ini berfungsi untuk menghambat pertumbuhan tanaman. Selain itu juga berfungsi dalam masa dormansi (masa istirahat) tumbuhan dan menghambat penuaan.

6. Asam traumalin

Hormon ini berfungsi untuk menutup luka pada bagian tumbuhan yang terluka.

7. Kalin

Ada banyak jenis hormon ini, yaitu :

1. Rhizokalin, berfungsi dalam pembentukan akar.

2. Kaulokalin, berfungsi dalam pembentukan batang.

3. Filokalin, berfungsi dalam pembentukan daun.

4. Antokalin, berfungsi dalam pembentukan bunga.

Itulah macam-macam hormon pada tumbuhan. Jika membutuhkan informasi lain seputar hormon tumbuhan bisa dilihat disini

Semoga bermanfaat.

Sukses selalu.